Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Footnote

Apa yang dimaksud dengan footnote

Apa yang dimaksud dengan footnote

Catatan kaki adalah catatan yang berada di bagian bawah dari halaman karya ilmiah. Fungsi catatan kaki adalah sebagai tempat pencantuman identitas sumber rujukan dari pengutipan informasi di bagian badan teks atau badan paragraf.

Apa saja yang ditulis di footnote?

Unsur-unsur penulisan catatan kaki

  1. Nama penulis atau pengarang. Pemberian nama penulis secara lengkap dan tidak menambahkan gelar yang penulis miliki.
  2. 2. Judul tulisan. Menuliskan judul dari sumber yang diambil dengan memperhatikan sumber yang jelas. ...
  3. 3. Tahun terbit. ...
  4. 4. Nomor halaman kutipan.

Apa fungsi dari footnote?

Fungsi utama catatan kaki adalah sebagai bukti bahwa artikel terkait telah menggunakan sumber yang kredibel dan bisa dipercayai. Kalau sumber sudah dituliskan pada footnote, pembaca akan tahu dan mengerti berasal dari mana sumber dan referensi tersebut.

Bagaimana cara penulisan footnote yang benar?

Cara penulisan footnote berisi nomor kutipan diikuti dengan titik dan kemudian kutipan itu sendiri. Kutipan selalu mencantumkan nama penulis dan judul teks, dan selalu diakhiri dengan titik. Catatan lengkap juga mencakup semua informasi publikasi yang relevan (yang bervariasi menurut jenis sumber).

Apakah footnote harus dari buku?

Penulisan footnote atau catatan kaki harus menyertakan nama penulis dari buku, jurnal atau karya tulis yang telah dijadikan sebagai sumber rujukan. Anda bisa menuliskan nama lengkapnya tanpa gelar, seperti penulisan dalam daftar pustaka.

Footnote ada dimana?

Anda bisa menggunakan catatan kaki dan catatan akhir di dalam dokumen untuk menjelaskan, berkomentar, atau menyediakan referensi untuk sesuatu yang mereka sebutkan di dalam dokumen. Biasanya, catatan kaki muncul di bagian bawah halaman dan catatan akhir muncul di akhir dokumen atau bagian.

Footnote ditaruh dimana?

Catatan kaki berada di bagian bawah halaman. Letaknya dipisahkan dengan garis yang panjangnya empat belas karakter dari margin kiri dan empat spasi dari teks. Catatan kaki diberi nomor. Catatan kaki yang terlalu panjang hingga menjangkau halaman selanjutnya tidak diperkenankan.

Apa ciri ciri catatan kaki?

Ciri-ciri Catatan Kaki Diberi nomor, biasanya nomornya berurutan. Biasanya catatan kaki ada di paling bawah tulisan atau teks. Biasanya ukuran hurufnya lebih kecil dari tulisan atau teks. Ada halaman yang dikutip.

Apakah boleh footnote Dari internet?

Hal ini lantaran internet menjadi repository ilmu yang bisa dibilang cukup lengkap dan mudah digunakan. Untuk cara membuat footnote dari internet, Anda bisa menggunakan format berikut: Nama penulis, Judul Tulisan, diakses dari (alamat website), pada tanggal (tanggal website diakses), pukul (waktu website diakses).

Langkah Membuat footnote dari buku?

Cara menulis footnote dari buku dimulai dari nama depan penulis nama belakang, judul buku (huruf miring), edisi buku (kota penerbit, nama penerbit, tahun), halaman yang dikutip. Sri Utami dkk, Bahasa Inggris Level 5 (Yogyakarta: PT. Gramedia: 2003), hal.

Berapa ukuran penulisan footnote?

Prinsip-prinsip penulisan catatan kaki sebagai berikut: 1. Dipisahkan dari teks sebelumnya dengan jarak dua spasi dengan menggunakan garis sepanjang 15 spasi dari margin kiri. 2. Diketik menggunakan ukuran font 11 dengan 1 spasi.

Bagaimana cara membuat footnote dari artikel?

Cara Penulisan Footnote Jurnal Nama depan penulis Nama belakang, “Judul Artikel,” Volume Nama Jurnal , Nomor terbitan (Tahun): nomor halaman, DOI atau URL. 2. Nama belakang penulis, “Judul Artikel yang Dipersingkat,” nomor halaman.

Footnote dan endnote artinya apa?

Endnote atau catatan akhir pada dasarnya teknik dan ketentuan penulisan endnote sama dengan footnote. Perbedaan keduanya hanya endnote yang diletakkan pada halaman akhir sebuah karya tulis tepatnya sebelum daftar pustaka, sedangkan footnote pada bagian bawah halaman.

Bagaimana cara membuat footnote otomatis?

Pastikan terlebih dahulu untuk meletakkan kursor pada bagian kata, kalimat, atau paragraf yang ingin merujuk ke footnote. Lalu, klik 'References' dan pilih 'Insert Footnotes'. Footnote terletak pada bagian bawah halaman dokumen. Jika sudah, akan muncul format penulisan footnote secara otomatis.

Apakah penulisan footnote namanya dibalik?

Aturan penulisan catatan kaki Nama pengarang ditulis lengkap, tidak boleh dibalik, dan tanpa gelar akademik. Judul buku, masing-masing kata ditulis dengan huruf kapital, dicetak miring, digaris bawah, atau dicetak tebal.

Apa perbedaan footnote dan Bodynote?

Footnote yaitu catatan kaki yang terletak pada bagian bawah tulisan untuk memberikan keterangan sumber kutipan, pernyataan atau pun pendapat. Bodynote yaitu cacatan tubuh yang ditulis pada paragraph untuk menyatakan sumber kutipan. Penempatannya tepat pada awal atau akhir kutipan yang ditandai dengan tanda kurung.

Apakah Bodynote dan footnote sama?

Pengertian Bodynote Bodynote yang dikenal juga dengan istilah catatan tubuh merupakan sumber kutipan juga sama seperti footnote. Hanya saja catatan tubuh ditulis langsung di akhir kutipan, sehingga tidak diletakan di bagian margin bawah naskah.

Buat footnote Ctrl apa?

Jika ingin lebih ringkas, setelah meletakkan kursor di bagian belakang kata, Anda bisa langsung menekan tombol Alt + CTRL + F untuk menambah footnote.

Apa itu Bodynote dan contohnya?

Bodynote (catatan tubuh), yaitu catatan khusus yang diletakkan tepat setelah akhir sebuah kutipan yang hendak diberi catatan dan biasanya di tandai dengan tanda kurung. Adapun cara penulisan bodynote adalah sebagai berikut: Catatan tubuh menyatu dengan naskah, hanya ditandai dengan kurung buka dan kurung tutup.

Apa perbedaan kutipan langsung dan catatan kaki?

Kutipan mengacu pada kutipan dari atau referensi ke buku, kertas, atau penulis, terutama dalam karya akademis. Catatan kaki mengacu pada sepotong informasi yang dicetak di bagian bawah halaman.

12 Apa yang dimaksud dengan footnote Images

College Essay Writing  Reference Page Footnotes in APA and MLA Formats

College Essay Writing Reference Page Footnotes in APA and MLA Formats

Dirimu yang sebenarnya adalah apa yang kamu lakukan disaat tiada orang

Dirimu yang sebenarnya adalah apa yang kamu lakukan disaat tiada orang

apa yang dimaksud dengan niat  Agama Islam

apa yang dimaksud dengan niat Agama Islam

APA Format and Citations  Bibliographycom  Paper writing service

APA Format and Citations Bibliographycom Paper writing service

Kombinasi warna Coklat 317x500  Contoh kombinasi warna yang cocok

Kombinasi warna Coklat 317x500 Contoh kombinasi warna yang cocok

Ahmad Sanusi HusainCom  Ramadan Bulan ramadhan Agama

Ahmad Sanusi HusainCom Ramadan Bulan ramadhan Agama

footnote bibliography  Annotated bibliography Annotation Inbox

footnote bibliography Annotated bibliography Annotation Inbox

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi Organisasi  Contohsuratco

Contoh Surat Undangan Rapat Resmi Organisasi Contohsuratco

How to mix and match your dress and hijab 2  Mix match outfits Mix

How to mix and match your dress and hijab 2 Mix match outfits Mix

Dalam hidup terkadang kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak

Dalam hidup terkadang kita lebih banyak mendapatkan apa yang tidak

Memahami hubungan struktur pondasi sloof kolom dan ringbalok pada

Memahami hubungan struktur pondasi sloof kolom dan ringbalok pada

Post a Comment for "Apa Yang Dimaksud Dengan Footnote"